Minggu, 18 Desember 2011

Apa itu SINETRON?

Sinetron berasal dari kepanjangan Sinema Elektronik. Yaitu istilah populer dari serial drama sandiwara yang disiarkan melalui saluran televisi. Tak banyak yang mengetahui jika sinetron adalah kepanjangan dari Sinema Elektronik. Disebut demikian, sebab sinetron adalah sebuah tayangan sinema (film) berseri yang ditonton melalui media elektronik (baca : TV). Sinetron berbeda dengan film. Sinetron adalah sebuah tayangan berseri yang dibuat (bisa) sampai berpuluh- puluh episode sementara Film adalah sebuah tayangan lepas serta berdurasi pendek.
Dalam bahasa inggris disebut soap opera atau opera sabun, sedang dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Telenovela. Menurut Teguh Karya, seorang sutradara terkenal asal Indonesia, istilah sinetron ini mulai dicetuskan oleh Soemardjono, seorang pendiri dan mantan pengajar  Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Dari segi jalan cerita, Sinetron pada umumnya bercerita tentang kehidupan manusia sehari-hari yang diwarnai konflik berkepanjangan.
Seperti layaknya drama atau sandiwara, sinetron diawali dengan perkenalan tokoh-tokoh yang memiliki karakter masing-masing. Berbagai karakter yang berbeda menimbulkan konflik yang makin lama makin besar sehingga sampai pada titik klimaksnya. Akhir dari suatu sinetron dapat bahagia maupun sedih, tergantung dari jalan cerita yang ditentukan oleh penulis skenario. Sedang dari segi tujuan cerita, dibuatnya sinetron menjadi berpuluh-puluh episode kebanyakan karena tujuan komersial

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar